Penelitian selesai dilaksanakan maka
untuk selanjutnya dilakukan penulisan karya ilmiah berupa laporan penelitian
yang disusun sesuai kaidah PTK.
Kerangka Laporan PTK sama halnya
seperti penulisan skripsi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, meliputi:
Bab 0 Bagian Awal
a.
Halaman Judul
b.
Surat Keterangan
c.
Lembar Persetujuan
d.
Kata Pengantar
e.
Daftar Isi
f.
Daftar Tabel
g.
Daftar Gambar
h.
Lampiran
i.
Abstrak
Bab I Pendahuluan
a.
Latar Belakang Masalah
b.
Rumusan Masalah
c.
Tujuan Penelitian
d.
Manfaat Penelitian
Bab II Kajian Pustaka
a.
Kajian Teori dan Penelitian yang Relevan
b.
Kerangka Berpikir
c.
Hipotesis Tindakan
Bab III Metode Penelitian
a.
Tempat dan Waktu Penelitian
b.
Subjek Penelitian
c.
Data dan Sumber Data
d.
Teknik Pengumpulan Data
e.
Uji Validitas Data
f.
Analisis Data
g.
Indikator Capaian Penelitian
h.
Prosedur Penelitian
Bab VI Hasil Tindakan dan Pembahasan
a.
Deskripsi Pratindakan
b.
Deskripsi Hasil Tindakan Tiap Siklus
c.
Perbandingan Hasil Tindakan Antar Siklus
d.
Pembahasan
Bab V Simpulan, Implikasi dan Saran
Judul
Judul PTK merupakan bentuk
improvement/peningkatan. Contoh “Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V-A
SD Muhammadiyah Imam Syuhodo Tahun Pelajaran 2016/2017”
Atau “Peningkatan Kreativitas Siswa
melalui Model Discovery Learning pada
Siswa Kelas V-A SD Muhammadiyah Imam Syuhodo Tahun Pelajaran 2016/2017”
Boleh pula mencantumkan pokok bahasan
materi yang spesifik untuk diteliti dan diperbaiki.
Latar Belakang Masalah
Kemukakan secara detail dan mendalam
mengenai permasalahan yang terjadi di kelas secara umum kemudian fokuskan pada
permasalahan yang sekiranya urgent/penting untuk segera diselesaikan, misalnya
kreativitas siswa rendah. Cantumkan data observasi awal secara mendalam mengenai
kreativitas siswa. Kemukakan alasan yang jelas mengapa memilih suatu metode/model
pembelajaran tersebut sebagai “obat penyembuh”.
Rumusan Masalah
Berupa kalimat pertanyaan untuk
menyatakan masalah penelitian, contoh “Apakah penerapan model discovery learning dapat meningkatkan
kreativitas siswa kelas V-A SD Muhammadiyah Imam Syuhodo Tahun Pelajaran
2016/2017?”
Tujuan Penelitian
PTK merupakan penelitian yang bertujuan
memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran sehingga tujuan penelitian
mengacu pada rumusan masalah yaitu “Untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas
V-A SD Muhammadiyah Imam Syuhodo Tahun Pelajaran 2016/2017”
Manfaat Penelitian
Manfaat
penelitian menunjukkan bahwa hasil dari PTK memberikan dampak positif bagi guru
dan siswa, contoh:
Manfaat
bagi siswa
“Meningkatkan
kreativitas siswa, Meningkatkan interaksi antar siswa, interaksi guru dengan
siswa, dan interaksi siswa dengan lingkungan belajar, Meningkatkan prestasi
belajar siswa”
Manfaat
Bagi Guru
“Menambah
pengetahuan guru tentang model pembelajaran yang dapat melatihkan kreativitas
siswa”
Kajian
teori dan Penelitian yang Relevan
Kajian
teori memuat teori-teori yang mendukung penelitian, kemukakan secara jelas
dasar teori yang didalamnya memuat semua hal yang berhubungan dengan judul PTK.
Contoh:
-
Pembelajaran IPA
(kemukakan keadaan ideal hakikat belajar sains)
-
Teori Belajar yang
mendukung model discovery learning
-
Model Discovery Learning (pengertian, sintaks,
kelebihan dan kekurangan)
-
Kreativitas Siswa (pengertian,
aspek-aspek kreativitas siswa)
-
Penelitian terdahulu
yang relevan dengan penelitian anda sekarang, sehingga dapat digunakan sebagai
acuan.
Setting
Penelitian
Meliputi
tempat penelitian dan waktu penelitian.
Tempat
penelitian kemukakan secara spesifik kelas yang akan digunakan sebagai PTK,
nama sekolah, alamat sekolah.
Contoh:
“PTK
diterapkan di kelas V-A SD Muhammadiyah Imam Syuhodo Tahun Pelajaran 2016/2017.
Alamat di Jalan H Muslich 01/06 Blimbing Wonorejo Polokarto Sukoharjo”
Boleh
ditambahkan deskripsi secara singkat mengenai kondisi kelas, sekolah dan sarana
prasarana yang ada di kelas tersebut.
Waktu
Penelitian = kapan penelitian akan dilakukan, cantumkan matrik kegiatan dari
awal perencanaan hingga berakhirnya penelitian meliputi minggu dan bulan
penelitian.
Subjek
Penelitian
Cantumkan
data jumlah siswa di kelas yang digunakan dalam PTK, jumlah laki-laki dan
perempuan.
Sumber
Data Penelitian
Berisi
sumber-sumber darimana data diperoleh dalam penelitian. Contoh: Data
kreativitas siswa diperoleh dari berbagai sumber: hasil wawancara, lembar
observasi, dokumentasi berupa foto, video, RPP, LJ Siswa, Lembar Kerja Siswa
serta data informasi yang berasal dari catatan lapangan.
Teknik
Pengumpulan Data
Cantumkan
teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam penelitian,
contoh untuk mengukur kreativitas siswa maka teknik yang digunakan bisa
menggunakan lembar observasi, tes unjuk kerja (performance assessment),
wawancara, dan dokumentasi, serta tes kognitif untuk mengukur prestasi belajar
sebagai data pendukung.
Uji
Validitas Data
Suatu
hasil penelitian harus diuji kevalidan dan keabsahan hasilnya, tak terkecuali
PTK. Data hasil penelitian tindakan kelas biasanya berupa data kualitatif
sehingga diuji dengan teknik triangulasi data (menggunakan sesuatu yg lain di
luar data sebagai pengecek ataupun pembanding).
Contoh
teknik triangulasi data adalah teknik triangulasi metode yaitu menggunakan
teknik pengumpulan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber
yang sama.
Analisis
Data
Berisi
teknik yang digunakan dalam menganalisis data hasil penelitian. Jika data hasil
penelitian berupa data kualitatif maka teknik yang digunakan adalah teknik
analisis deksriptif kualitatif mengacu
pada model analisis interaktif Milles dan Huberman yang terdiri dari:
-
Reduksi data
-
Penyajian data
-
Penarikan kesimpulan
Indikator
Capaian Penelitian
Merupakan
indicator ketercapaian dari masalah yang ingin diperbaiki dalam penelitian.
Contoh
Indikator ketercapaian kreativitas siswa: Peningkatan yang signifikan untuk
kreativitas siswa mencapai 75% untuk setiap aspek kreativitas.
Prosedur
Penelitian
Penelitian
tindakan kelas mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart
yaitu model spiral, dimana dalam satu siklus terdiri dari tahap perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting),
dan seterusnya sampai perbaikan dan peningkatan yang diharapkan tercapai.
Hasil
Penelitian dan Pembahasan
Deskripsikan
secara detail keadaan sebelum adanya tindakan (prasiklus). Deskripsikan hasil
tindakan tiap siklus (sesuai dengan jumlah siklus tindakan). Bandingkan hasil
tindakan antar siklus, contoh perbandingan prasiklus, siklus I dan siklus II. Buat
pembahasan mengenai perbandingan antar siklus, kaitkan dengan teori-teori
pendukung yang bertujuan membuktikan model yang diterapkan dapat meningkatkan
kreativitas siswa dan memperbaiki proses pembelajaran.
Simpulan
Berisi
kesimpulan dari penelitian “Model Discovery
learning dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas V-A SD Muhammadiyah
Imam Syuhodo Tahun Pelajaran 2016/2017”
Cantumkan
pula saran-saran yang berkaitan dengan penelitian anda agar menjadi perbaikan
bagi peneliti selanjutnya.
Demikian
artikel ini dibuat, semoga bermanfaat bagi pembaca. Fastabiqul khoirot,
Jazakumulloh.
Oleh:
Fitri Astuti Wahyu Utami - Taqwa,
Kreatif, Peduli-
Tidak ada komentar: